breaking news New

Penyebab Oli Mobil Bercampur Air Serta Cara Mengatasinya

gambar tersebut menggambarkan bagaimana cara mengatasi kendala oli mesin mobil yang bercampur dengan air gambar tersebut menggambarkan bagaimana cara mengatasi kendala oli mesin mobil yang bercampur dengan air

Penyebab Oli Mobil Bercampur Air Serta Cara Mengatasinya

Apabila saat ini anda sedang mencari informasi tentang penyebab oli mobil bercampur air, silahkan simak pembahasan ini sampai selesai. Kita ketahui bersama ketik oli mesin pada mobil tercampur dengan air maka bisa menyebabkan mobil rusak.

Ketika bercampur air, struktur dan kandungan kimia pada oli mesin akan hilang dan tidak berfungsi semestinya. Oli mesin yang sudah tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan komponen dalam mesin akan saling bergesekan sehingga menyebabkan keausan.

Ketika tidak segera diperbaiki maka akan membuat mesin cepat panas dan rusak. Ada beberapa ciri-ciri oli mesin yang sudah tercampur dengan air, biasanya akan berwarna kecoklatan, muncul busa, dan suara mesin yang dihasilkan akan terasa lebih kasar.

Lantas apa yang menyebabkan oli mesin ini bisa bercampur dengan air? Nah, bagi anda yang penasaran, silahkan simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Oli Mobil Bercampur Air dan Solusinya

Ada beberapa yang menyebabkan oli mesin bisa tercampur dengan air. Tentunya anda harus lebih paham agar kondisi mesin tetap bagi dan tidak mengalami kerusakan yang berat.

  1. Kondisi cylinder head yang bengkok

Penyebab yang pertama adalah kondisi cylinder head yang bengkok atau melengkung. Ketika cylinder head bengkok maka akan menimbulkan celah antara cylinder head dengan cylinder block. Hal inilah yang membuat air masuk pada saluran oli mesin sehingga keduanya akan tercampur.

Kalau cylinder head yang bengkok ini disebabkan oleh mesin yang mengalami kepanasan berlebihan. Nah, untuk mengatasinya maka dibutuhkan pembongkaran. Setelah itu akan dilakukannya pengukuran tingkat kelengkungan dan kerataan. Kalau sudah tidak memungkinkan maka solusi terbaik adalah melakukan pergantian cylinder head yang baru.

  1. Terjadi keretakan water jacket pada cylinder head

Penyebab kedua oli mesin bercampur dengan air adalah terjadi keretakan water jacket pada cylinder head. Masalah ini memang sering ditemukan pada mesin mobil tua, namun tidak menutup kemungkinan mobil keluaran terbaru juga bisa mengalami hal tersebut. Hal ini terjadi karena terkikisnya dinding cylinder head. Pengikisan ini terjadi akibat salah memilih cairan coolant yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. Maka dari itu silahkan memilih air coolant yang sesuai dengan spesifikasi mobil anda.

  1. Packing cylinder head mengalami kerusakan

Penyebab selanjutnya oli mesin yang tercampur dengan air adalah adanya kerusakan pada packing cylinder head. Sebenarnya kerusakan pada packing cylinder head sangat jarang sekali terjadi, namun kerusakan ini biasanya disebabkan oleh adanya korosi pada lubang-lubang yang menghubungkan water jacket di silinder blok dan cylinder head. Akhirnya oli mesin akan bercampur dengan air radiator.

  1. Terjadi kebocoran pada oil cooler

Penyebab oli mesin dan air radiator bisa bercampur adalah adanya kebocoran pada oil cooler. Mengingat tidak semua jenis mobil menggunakan air sebagai pendingin. Jadi fungsi dari oil cooler adalah sebagai pendingin suhu oli mesin sebelum masuk ke mesin. Hal ini bertujuan agar oli mesin tetap dingin dan lebih maksimal dalam mendinginkan komponen yang bergesekan.

Oil cooler ini juga sering menyebabkan oli mesin bercampur dengan air karena adanya kerusakan pada gasket pemisah antara air radiator dan oli mesin. Hal ini perlu dilakukan perbaikan agar mesin anda tidak sampai mengalami kerusakan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa penyebab oli mobil bercampur air. Ketika oli mesin ini sudah bercampur dengan air maka segera ditangani. Kalau tidak anda tangani maka menyebabkan mesin mobil anda akan bekerja lebih berat bahkan bisa jebol.

Untuk mengatasi oli mobil yang bercampur dengan air, maka Anda disarankan untuk segera ke bengkel mobil terdekat. Sebab, masalah tersebut tidak dapat Anda kerjakan secara mandiri. Jadi, dengan bantuan montir mobil tentu dapat mengatasi oli mesin mobil yang telah tercampur dengan air.

Langkah antisipatifnya, maka lakukan pengurasan terlebih dahulu. Anda harus mengeluarkan sisa oli mesin mobil yang telah tercampur dengan air. Dan kemudian, bawa mobil ke bengkel terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa membantu anda mengatasi masalah oli mesin bercampur air.