breaking news New

Cara Membuat Telur Gabus Keju Yang Renyah

Siapa yang tidak tahu telur gabus? Cemilan yang renyah dan gurih ini merupakan cemilan legendari khas Betawi, loh. Dinamakan kue gabus atau telur gabus, karena bentuknya memang mirip dengan telur ikan gabus yaitu kecil, lonjong, dan meruncing.

Telur Gabus hadir dengan berbagai nama yang berbeda di area yang berbeda, seperti di daerah Nganjuk, Jawa Timur, camilan ini dinamakan Bidaran, atau ada juga yang menyebut Telur Endog Belanak. Walaupun memiliki banyak nama, camilan ini tetap lebih banyak dikenal dengan sebutan Telur Gabus.

Berikut cara membuat telur gabus yang bisa kamu coba di rumah untuk mengisi toples cemilan kamu di rumah. Caranya mudah sekali, simak resep berikut ya!

Bahan-Bahan:
1. 125 gram Tepung sagu
2. 50 gram Keju cheddar parut
3. 25 gram Margarin
4. 1 butir Telur ukuran besar
5. Minyak untuk menggoreng, secukupnya

Cara Membuat:
1. Blender keju, margarin dan telur hingga semua menyatu. Sisihkan.
2. Dalam wadah, masukkan tepung sagu. Buat lubang di tengahnya.
3. Tuang hasil campuran blender ke lubang tepung sagu. Aduk rata dengan spatula. Uleni dengan tangan hingga adonan kalis dan dapat dibentuk.
4. Tuangkan banyak minyak di wajan. Jangan nyalakan api terlebih dulu.
5. Ambil sejumput adonan lalu pilin/untir dengan kedua telapak tangan hingga jadi bentuk silinder panjang yang runcing di kedua ujungnya. Langsung celupkan adonan dalam wajan. Ulangi langkahnya hingga adonan habis.
6. Nyalakan api kompor yang sedang. Walau adonan kue saling tumpang tindih di wajan namun tak perlu khawatir. Adonan akan saling melepas ketika minyak mulai panas.
7. Goreng dan balik adonan ketika mulai mengeras. Aduk perlahan agar tidak menggumpal. Masak hingga garing dan berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.
8. Siap disajikan atau simpan dalam toples ketika sudah dingin.

Tips:
1. Selain tepung sagu, anda juga bisa menggunakan tepung tapioka atau kanji.
2. Bentuklah atau pilin adonan jadi kecil saja karena adonan akan mengembang saat digoreng.
3. Jangan mengaduk kue dalam wajan saat belum mengeras karena kue akan hancur dan kehilangan bentuknya.